Minggu, 11 Mei 2008

Virus Komputer UdaH berumur ke-25


BerawaL dari ulah seorang siswa kelas sembilan pada 1982,pada 2007 virus telah 25 tahun menjadi salah satu ancaman utama dunia komputasi.Bermula dari keisengan seorang remaja,virus komputer menumbuhkan industri sekuriti yang bernilai global miliaran dolar AS per tahun.
"Saya memulainya sebagai sebuah gurauan.Namun,saya suka dikenal dengan cara ini,"tandas Rich Skrenta,40.
Skrenta dikenal sebagai pembuat virus pertama didunia.Virus karya Skrenta,yakni Elk Cloner mewabah pada tahun 1982 dan menyebar melalui floppy disk komputer Apple ll.
Apple II adalah PC(Personal Computer)paling dominan pada saat itu.Skrenta mengembangkan virus boot sector
Dengan begitu ketika pengguna apple II menghidupkan komputer dengan disket yang terinfeksi,maka puisi-puisi karya Skrenta pun tampil di layar.
Sejak saat itu,virus berkembang sebagai "efek samping" dunia komputasi.Pad 1986,virus Brain muncul dan menjadi virus pertama yang menyerang komputer bersistem
operasi DOS produksi Microsoft Corp.
Ditulis oleh dua bersaudara dari pakistan,Brain memiliki motif ekonomi.Virus tersebut menampilkan nomor telepon bengkel komputer pembuat virus.Pengguna DOS yang terinfeksi dapat menelepon bengkel tersebut untuk melakukan perbaikan.
Wabah terbaru terjadi pada 2004 ketika virus Sasser menyebar dan menyebabkan komputer yang terinfeksi terus menerus mengalami crash dan reboot
Kemunculan virus ternyata membuka peluang bisnis bagi sebagian orang.Produk solusi sekuriti komputer Symantec Corp berdiri pada tahun yang sama ketika Skrenta merilis virus Elk Cloner pada 1982
Firma riset Idc memperkirakan,pada saat ini industri sekuriti komputer global mampu mengeruk pendapatan USD38 miliar per tahun.Angka tersebut diprediksi melambung menjadi USD67 miliar pada 2010 ..

Tidak ada komentar: